Home BERITA TERBARU The World Halal Tourism Award, Sumbar Gencarkan Sosialisasi Wisata Halal 2017

The World Halal Tourism Award, Sumbar Gencarkan Sosialisasi Wisata Halal 2017

310
0
SHARE

Padang, TS – Provinsi Sumatera Barat akan menggencarkan sosialisasi tentang wisata halal pada tahun 2017 ini, seiring keberhasilan daerah Minang meraih penghargaan kompetisi halal tingkat dunia “The World Halal Tourism Award” 2016 lalu.

“Kita perkuat sosialisasi dan promosi wisata halal ini melalui media dan jaringan lain yang memungkinkan agar wisatawan dunia mengetahui dan masyarakat Sumbar juga makin mempersiapkan diri,” kata Kepala Biro Humas Sekretariat Provinsi Sumbar Jasman di Padang, Senin.

Ia mengatakan pencapaian Sumbar yang berhasil meraih dua penghargaan dalam “World Halal Tourism Award 2016” masing-masing kategori World’s Best Halal Culinary Destination dan World’s Best Halal Destination adalah modal yang sangat besar untuk bisa menarik wisatawan, terutama dari Timur Tengah.

“Sekarang wisatawan Timur Tengah lebih banyak ke negara tetangga, bukan karena lebih baik dari Sumbar, tetapi karena sosialisasi dan promosinya sangat gencar. Karena itu sekarang ini kita akan coba mengalihkan mereka ke Sumbar,” katanya.

Selanjutnya, salah satu cara menurutnya adalah dengan mempergencar penyebaran informasi terkait potensi wisata halal Sumbar, disamping promosi oleh instansi dan pemangku kepentingan lainnya.

“Sumber Daya Manusia (SDM) di humas akan kita arahkan untuk mendukung kebijakan wisata halal yang sedang digalakkan Pemprov Sumbar,” ujarnya.

Sebelumnya Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengatakan destinasi wisata daerah itu sangat banyak untuk bisa menarik minat wisatawan, termasuk Timur Tengah.

“Kita akan fokus promosi pada 2017 untuk menarik minat wisatawan ke Sumbar,” katanya.

Ia mengatakan bersamaan dengan promosi kekayaan wisata Sumbar ke dunia tersebut, akan dibarengi dengan pembenahan infrastruktur jalan, perparkiran hingga masalah keamananan dan kenyamanan wisatawan berkunjung.

“Pembenahan pariwisata dilakukan oleh pemerintah kabupaten/kota, karena kewenangan berada di daerah masing-masing. Jika sinergi dapat berjalan dengan baik, maka tingkat kunjungan wisatawan ke Sumbar akan lebih meningkat. Apalagi dengan telah mendapat penghargaan predikat wisata halal terbaik dunia, maka akan banyak dunia luar yang melirik Sumbar,” pungkasnya.

Masjid Pantai Padang, Salah Satu Destinasi Wisata Halal

Saat ini masjid yang sedang dibangun di tepi Pantai Padang dapat menjadi salah satu identitas dari destinasi wisata halal yang dikenalkan tahun ini. Terpilihnya Sumbar jadi salah satu destinasi utama wisata halal pada 2016, tentunya mengharuskan kabupaten dan kota yang ada menyediakan dan mengenalkan objek wisata andalannya.

Dengan konsep masjid yang mengarah dan menjorok ke laut di Pantai Padang, selain untuk ibadah masjid juga bisa digunakan sebagai daya tarik wisata.

Selain itu, ke depannya masjid tersebut akan menjadi jawaban atas keluhan pengunjung di Pantai Padang yang tidak memiliki masjid representatif. “Karena ini akan menjadi lokasi strategis di kota, tentu pengerjaannya akan maksimal,” ujar Wako Padang.

Ia menyebutkan dalam hal pondasi tentu akan dianalisis kekuatannya agar mampu menahan ombak dari samudera, karena mengingat ombak Samudera Hindia yang dinilai cukup ganas.

Kemudian pemetaan dan pematangan lahan juga akan diperkuat mengingat konsep menjorok ke laut harus juga mengutamakan keselamatan dan kenyamanan para pengunjung.

“Selain masjid di tepi pantai, pemerintah juga menyiapkan rumah makan yang mengutamakan kelayakan makanan, minuman dalam hal kebersihan dan kesehatan. Disamping tentunya secara bertahap mengubah konsep pusat perbelanjaan, instansi, dan objek wisata lebih religius. (*)