Home BERITA TERBARU Hidup Mesti Termotifasi Dan Bermakna

Hidup Mesti Termotifasi Dan Bermakna

290
0
SHARE

By: Imam Sodikin

Banyak orang mengatakan bahwa hidup ini ibarat sandiwara. Sejatinya, bagaimana kita mampu menjalaninya agar bisa bermakna dan termotivasi. Untuk mewujudkannya tentu memerlukan perjuangan, serta siap dengan segala konsekwensinya.

Hidup di dunia ini akan menentukan hidup kita di akhirat nanti. Untuk itu, kita tidak boleh gegabah menentukan pilihan bila berdasar pada konsep yang tidak jelas. Jika kita salah memaknai hidup,menjalani berdasarkan makna yang salah, maka kegagalan demi kegagalan akan selalu menimpa. Begitu juga di akhirat nanti.

Mencari makna hidup merupakan hal yang serius. Tidak ada pemikiran parsial yang membedakan urusan dunia dan urusan akhirat. Jika direnungkan, hidup di dunia justru menjadi penentu bagaimana hidup di akhirat nanti.

Kita tentu mempunyai berbagai metode dalam mencari serta memahami makna dan tujuan hidup. Setelah itu, tentunya kita dituntut untuk dapat memberdayakannya agar menjadi lebih sukses. Namun, kesuksesan di dunia ini tidak akan ada artinya jika di akhirat menjadi penghuni yang merugi.

Mencari makna hidup adalah titik kritis yang tidak boleh salah. Karena ini akan menentukan hidup kita menjadi baik di dunia dan akhirat. Ulama besar, Muhammad Al Ghazali, pernah berkata bahwa pemahaman hidup yang dangkal adalah sebuah tindak ‘kriminal’ yang keji.

Untuk menemukan makna hidup yang benar, kita perlu merujuk pada landasan yang dijamin kebenarannya yang tiada lain adalah “Al Quran”. Kitab suci yang merupakan firman Allah. Allah Subhaanahu Wa Ta’ala yang paling mengetahui tentang hidup kita.

Pada intinya, arti hidup dalam Islam ialah ibadah. Keberadaan kita dunia ini tiada lain hanyalah untuk beribadah kepada Allah. Makna ibadah yang dimaksud tentu saja pengertian ibadah yang benar, bukan berarti hanya shalat, puasa, zakat, dan haji saja, tetapi ibadah dalam setiap aspek kehidupan kita.

Kita masing-masing memiliki tujuan yang berbeda, keinginan yang unik, dan nilai-nilai yang bervariasi. Tidak ada pola tunggal yang ditetapkan bagi seseorang untuk menemukan makna dalam hidup. Menyadari bahwa kita memiliki tujuan hidup serta perlu untuk memainkan peran itu dalam menemukannya. Semua terserah anda, terkadang kita hanya perlu menikmati alur hidup dalam sebuah pencarian untuk menemukan arti hidup.

Memang kita sangat mudah dihadapkan pada tekanan dalam rutinitas keseharian. Terkadang kita berada dalam zona nyaman, tetapi tidak bisa membawa banyak perubahan dalam meraih sebuah kebahagiaan. Melangkah keluar dari zona nyaman adalah salah satu cara penting untuk menemukan salah satu makna dalam hidup, sehingga dapat mengambil manfaat dari makna itu.

Melangkah di luar zona kenyamanan, kita pasti membutuhan keberanian untuk mengatasi sebuah ketakutan. Ketakutan akan membatasi ruang gerak kita. Dengan menaklukkan ketakutan diri, kita akan memiliki semangat yang sangat besar dalam meraih prestasi dan kepercayaan diri untuk menghadapi tantangan-tantangan yang lebih menantang.

Dalam menemukan suatu kebahagiaan, mungkin memakan waktu yang panjang, tetapi setelah kita tahu apa yang membuat kita bahagia, maka kita perlu untuk mengejarnya. Jika membantu orang lain dapat memberi Anda kepuasan, Anda dapat selalu terlibat dalam berbagai kegiatan amal. Kesukaan Anda juga dapat menentukan apa jenis karir yang Anda tekuni. Seperti pepatah lama, jika Anda mencintai apa yang Anda lakukan, Anda tidak akan pernah bekerja sehari dalam hidup Anda.