Home BERITA TERBARU KPK Tegaskan, Mantan Pejabat Daerah Segera Kembalikan Aset Negara

KPK Tegaskan, Mantan Pejabat Daerah Segera Kembalikan Aset Negara

256
0
SHARE

Jakarta, targetsumbar.com – KPK RI menyoroti sejumlah aset daerah Pemerintah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, yang masih dikuasai oleh mantan pejabat daerah.

Hal itu sesuai dengan laporan, beberapa aset bergerak Pemkab Raja Ampat, seperti kendaraan dinas roda empat belum juga dikembalikan oleh pejabat yang berakhir masa tugas.

Sejumlah aset tidak bergerak, seperti rumah dinas bahkan masih dikuasai oleh mantan pejabat dan belum diserahkan kembali kepada pemerintah daerah setempat.

Ketua Tim Koordinator Supervisi KPK Adlinsyah Nasution mengatakan, tim KPK saat melakukan monitoring program kesepakatan aksi pemberantasan korupsi di Papua Barat mendapat laporan bahwa rumah dinas bupati maupun wakil bupati sebelumnya sampai sekarang belum diserahkan kepada pemerintah daerah.

“Begitu pula aset lainnya,” ujar dia, Jumat (24/2).

Sesuai aturan, pejabat daerah yang telah mengakhiri tugas, baik sebagai bupati, wakil bupati maupun kepala dinas wajib mengembalikan aset negara yang digunakan selama menjabat.

“Kami telah meminta data dari Pemerintah Kabupaten Raja Ampat tentang aset mana saja yang masih dikuasai oleh pejabat lama untuk ditindaklanjut kepada anggota KPK.”

Menguasai aset milik negara, kata dia adalah pelanggaran yang dapat diproses hukum. “KPK akan membantu Pemkab Raja Ampat melakukan pertemuan dengan pihak yang masih menguasai aset daerah agar dikembalikan. (pm)