Home BERITA TERBARU Mahyeldi: Kuatkan Sendi Sosial Agar Dapat Entaskan Kemiskinan

Mahyeldi: Kuatkan Sendi Sosial Agar Dapat Entaskan Kemiskinan

296
0
SHARE

Padang, targetsumbar.com – Untuk mengentaskan kemiskinan perlu memperkuat sendi-sendi sosial. Masyarakat yang berekonomi lebih bisa menjadi penopang dan mengangkat warga lainnya yang kurang mampu.

Hal ini dikatakan Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Datuk Marajo saat menyerahkan hasil bedah rumah bantuan Baznas Kota Padang kepada pemiliknya di Surau Gadang, Nanggalo, Jumat (17/3/2017).

“Permasalahan apa saja pasti dapat diselesaikan bila sendi sosial lebih kuat. Yaitu adanya kekompakan warga dan saling peduli, ” ujar Mahyeldi.

Tokoh masyarakat, H. Sidik Rajo Lelo mengakui yang disampaikan walikota merupakan cerminan kehidupan masyarakat yang ideal. “Adanya kepedulian terhadap sesama yang dimulai dari lingkungan terdekat, keluarga, kerabat dan lingkungan kelurahan serta lebih luasnya kecamatan, ” katanya.

Sidik yang juga ninik mamak suku Koto ini menambahkan, bantuan bedah rumah oleh Baznas Padang juga karena kepedulian sosial yang tumbuh di masyarakat. “Warga yang mampu memabyarkan zakat dan disalurkan melalui Baznas, ” katanya.

Pada kesempatan ini, Wakil Ketua Baznas Padang H. Syafriadi Autid menjelaskan, pada 2017 ini Baznas Padang akan melaksanakan bedah rumah sebanyak 250 unit bagi warga miskin. “Jumlah itu optimis tercapai karena memang sudah menjadi target (Baznas) melalui program Padang Makmur, ” kata Syafriadi.

Sedangkan rumah keluarga Hasan Basri yang diresmikan saat ini merupakan rumah ke-25 yang selesai dikerjakan. Rumah yang terletak di ujung jalan Tanjung Karang, RT 01/RW 20 Kel. Surau Gadang, Kecamatan Nanggalo ini diusulkan pembangunannya oleh lurah dan camat serta rekomendasi dari anggota DPRD Padang Faisal Nasir.

“Memang masih banyak rumah yang tidak layak huni yang patut dibantu pembangunannya, namun beberapa rumah yang telah diusulkan menjadi prioritas karena tanahnya tidak ada masalah, ” sebut Syafriadi.

Sementara itu Camat Nanggalo Teddy Antonius menyebutkan, terdapat sejumlah rumah yang tidak layak di wilayahnya. Namun belum semuanya bisa dibantu pembangunannya. Hal itu terkendala masalah peruntukkan atau kepemilikan tanahnya.

“Masalah kepemilikan tanah jadi kendala untuk membantu pembangunan rumah yang tidak layak, ” kata Teddy.

Di lokasi peresmian bedah rumah ini juga terlihat hadir sejumlah tokoh masyarakat dan pemuka, Karang Taruna serta pemuda KNPI setempat.

“Kehadiran semua tokoh masyarakat dan tokoh pemuda merupakan bentuk kekompakan dan kepedulian sosial warga Nanggalo, ” tukas Teddy. (DU)

LEAVE A REPLY