Home BERITA TERBARU Inilah Tragedi Kemanusiaan Akibat Perang di Mosul

Inilah Tragedi Kemanusiaan Akibat Perang di Mosul

326
0
SHARE

Mosul, targetsumbar.com РENTAH dimana hati nurani para elite pihak-pihak yang terlibat pertikaian  berdarah di Irak menyaksikan jatuhnya begitu banyak korban penduduk sipil dalam kampanye perebutan kota tua di Mosul barat pekan lalu .

Ratusan orang tewas akibat serangan bom atau tertimbun bangunan yang roboh di kota tua di Mosul barat akibat serangan udara pesawat-pesawat tempur koalisi pimpinan AS (17/3) dan perang kota antara satuan reguler Irak melawan milisi Negara Islam di Irak dan Suriah (NIIS).

Paling tidak, Jumat pekan lalu sekitar 200 jasad ditemukan dari reruntuhan bangunan, menambah sekitar 3.900 korban tewas yang dilaporkan sejak dilancarkannya operasi pembebasan kota bersejarah itu pada 19 Februari lalu.

Lembaga pemantau Irak yang dikutip harian Asharq al-Awsat  mengungkapkan, sekitar 10.000 dari seluruhnya sekitar 487.000 bangunan di kawasan Mosul barat luluh-lantak dilanda pertempuran, sementara sampai sekitar 400.000 penduduk kota tua Mosul barat masih terperangkap di kawasan itu.

Belum dipastikan penyebab tewasnya ratusan penduduk di distrik baru Mosul barat, apakah akibat bom-bom atau roket yang dijatuhkan dari udara atau akibat meledaknya  truk bermuatan penuh amunisi milik NIIS yang kemudian meluluh-lantakkan bangunan di sekitarnya.

Yang pasti, sebagian besar jenasah ditemukan di reruntuhan bangunan dan diperkirakan masih banyak lagi yang belum berhasil dievakuasi, sementara pimpinan koalisi AS dilaporkan akan menginvestigasi penyebab jatuhnya begitu banyak korban dalam serangan udara yang dilancarkannya.

Pasca serangan maut itu pasukan pemerintah Irak menghentikan sementara upaya merebut bagian barat kota Mosul, kemungkinan dengan tidak lagi mengandalkan pesawat tempur dan gempuran artileri berat, tetapi menurunkan pasukan elite anti teror (CTS).

Satuan Irak dibantu pasukan AS walau didukung peralatan tempur canggih menghadapi medan berat untuk merebut kota tua Mosul yang arsitekturnya berupa susunan bangunan berhimpitan, lorong-lorong atau gang sempit yang sebagian hanya bisa dilintasi manusia.

LEAVE A REPLY