Home ADVERTORIAL Bimtek Jitu Pasna BPBD Sumbar Kurangi Resiko Akibat Bencana

Bimtek Jitu Pasna BPBD Sumbar Kurangi Resiko Akibat Bencana

44
0
SHARE

Padang, TS – Mart Widarto memberikan materi hitung cepat di Bimtek Jitu Pasna BPBD Sumbar, Jumat (1/10/2021).

Bimbingan Teknis (Bimtek) Hitungan Cepat Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana (Jitu Pasna) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, Kegiatan ini dipandu oleh Jayadi Imam Nugroho dari Mahoni Cakra Saujana (MCS) yang merupakan mitra kerja BNPB.

“Nah, kita awali bimtek ini dengan pemanasan otak,” kata Jayadi sembari melemparkan beberapa pertanyaan untuk dijawab peserta bimtek.

Ia mengatakan sektor yang masuk dalam Rehabilitasi dan Rekonstruksi yakni Infrastruktur, Sosial, Pemukiman, Ekonomi Produktif, dan Lintas sektor.

Sektor pemukiman, meliputi perumahan dan prasarana lingkungan pemukiman. Sementara Sektor Infrastruktur meliputi transportasi darat, laut dan udara, Energi, Pos dan telekomunikasi, Air dan sanitasi, Infrastruktur pertanian (irigasi) serta Sumber daya air (pantai dan sungai).

“Selain itu, akibat bencana juga bisa terjadi gangguan akses, misalnya hilang atau terganggunya akses individu, keluarga dan masyarakat terushadap pemenuhan kebutuhan dasarnya,” ujarnya.

Bencana juga bisa terjadinya peningkatan resiko, seperti meningkatnya kerentanan atau menurunya kapasitas individu, keluarga, masyarakat, pemerintah dan badan usaha sebagai akibat dari suatu bencana.

“Bisa juga setelah bencana meningkatnya resiko terkena bencana susulan seperti epidemi penyakit,” jelasnya.

Dalam penilaian kerugian, lanjut Mart, maka dihitung berdasarkan Waktu, Potensi kehilangan pendapatan serta bertambahnya biaya akibat terjadinya bencana.

Terkait dengan patokan harga atau nilai untuk menetapkan jumlah kerugian, kata Mart, biasanya pemerintah daerah mempunyai daftar harga yang bisa dijadikan patokan harga atau dasar menetapkan jumlah kerugian.

Elemen-elemen inilah yang mendasari besaran keugian akibat suatu bencana. Apakah suatu bangunan itu rusak berat, sedang atau ringan atau sejauh mana dampak sosial yang diakibatkannya.  (**)

LEAVE A REPLY