Home ADVERTORIAL Hendri Septa Apresiasi Digelarnya Rakorwasda di Lingkup Pemko Padang

Hendri Septa Apresiasi Digelarnya Rakorwasda di Lingkup Pemko Padang

36
0
SHARE

PADANG – Wali Kota Padang Hendri Septa menyambut baik dan mengapresiasi digelarnya Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah (Rakorwasda) Tahun 2021 di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Padang.

Orang nomor satu di Kota Padang itu pun juga mengucapkan terima kasih kepada narasumber dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI dan BPK Perwakilan Sumbar yang berkenan memberikan pemahaman serta penguatan terkait pentingnya pelaksanaan pengawasan dan penyelesaian tindak lanjut hasil pengawasan.

Hendri mengatakan, pelaksanaan Rakorwasda ini mempunyai arti penting dan strategis karena dilaksanakan di akhir tahun anggaran 2021 sekaligus untuk persiapan memasuki tahun anggaran 2022.

“Hal ini berarti bahwa kita semua akan mengevaluasi pelaksanaan hasil-hasil pengawasana selama tahun 2021. Sejauh mana hasil pemeriksaan telah ditindaklanjuti sesuai ketentuan dan sekaligus menyiapkan langkah-langkah perbaikan untuk ke depannya,” imbuhnya sewaktu membuka Rakorwasda yang dilangsungkan di Hotel The ZHM Premiere Padang, Rabu (22/13/2021) itu.

Menurutnya, dengan mengevaluasi, akan terpetakan kendala apa saja yang dihadapi serta solusi yang diperlukan untuk perbaikan¬† pemerintahan. “Terutama dalam pembinaan dan pengawasan untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat serta mewujudkan transparansi dan akuntabilitas,” sambungnya.

Lebih lanjut Wali Kota Hendri Septa berharap melalui Rakorwasda ini selain menjadi salah satu sarana percepatan dan peningkatan tindak lanjut hasil pengawasan juga mengoptimalkan fungsi Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) dalam membina perangkat daerah.

“Untuk itu saya mengajak dan mengimbau semua APIP agar meningkatkan pembinaan melalui kegiatan pengawasan rutin dan monitoring, serta upaya-upaya pencegahan untuk mendukung terwujudnya ‘good governance’.”

“Di samping itu APIP harus lebih maju selangkah daripada perangkat daerah yang akan dibina melalui kegiatan pengawasan, pendidikan dan pelatihan. Perbanyak literasi dan tingkatkan kemampuan masing-masing individu APIP sehingga profesional dan akuntabel dalam melaksanakan tugas pengawasan dan pembinaan,” harapnya sembari mengakhiri sambutan dan arahan.

Seperti diketahui, Rakorwasda tersebut digelar Inspektorat Kota Padang dengan diikuti sebanyak 180 orang terdiri dari para Asisten, Staf Ahli, Sekwan, Kepala Badan/Dinas/Kantor dan Bagian serta Camat dan Pejabat Pengelola Tindak Lanjut di lingkup Pemko Padang. (Ady).

LEAVE A REPLY