Home BERITA TERBARU Menjadi Tuan Rumah Rakernas APEKSI XV, Kota Padang Matangkan Persiapan

Menjadi Tuan Rumah Rakernas APEKSI XV, Kota Padang Matangkan Persiapan

55
0
SHARE

Padang, Target Sumbar – Selaku tuan rumah penyelenggara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XV Tahun 2022, Pemerintah Kota (Pemko) Padang terus menyiapkan diri untuk menjadikan Kota Padang sebagai tuan rumah yang sukses nantinya.

Kali ini, Senin (21/3/2022) dipimpin Wali Kota Padang Hendri Septa. Para koordinator penyelenggara Rakernas APEKSI XV yang terdiri dari unsur pimpinan OPD terkait di Pemko Padang menggelar rapat evaluasi dan pematangan persiapan di Gedung Putih Rumah Dinas Wali Kota Padang.

Seperti diketahui, pada Rabu (9/3/2022) lalu bertempat di Hotel Santika, Kota Padang, Ketua Dewan Pengurus APEKSI  Bima Arya telah resmi melaunching perhelatan Rakernas APEKSI XV yang bakal dihelat 7-10 Agustus 2022 mendatang.

Selain Rakernas juga bakal digelar kegiatan Indonesia City Expo (ICE) ke-18 Tahun 2022 yang akan menampilkan hasil pembangunan, inovasi dan produk-produk unggulan masing-masing kota peserta Rakernas.

“Alhamdulillah, hari ini kita kembali menggelar rapat lanjutan membahas persiapan Rakernas APEKSI XV. Kita membahas progres persiapan yang telah dilakukan, dimana saat ini untuk kesiapan pelaksanaan rangkaian acara sudah di atas 50 persen,” ungkap Wako Padang.

Ia juga menjelaskan, adapun untuk pembangunan fisik seperti pembuatan Tugu APEKSI di Komplek Perkantoran Balai Kota Aie Pacah saat ini masih tahap ‘land clearing’ (pembersihan lahan) sembari menunggu pemenang tender yang akan melakukan pembangunan tugu tersebut.

“Insya Allah, pembangunan Tugu APEKSI ini diperkirakan selesai bulan Juli. Kita tentu senang sekali bisa membangun Tugu APEKSI tersebut. Karena dari informasi yang didapat selama perhelatan Rakernas

APEKSI di beberapa kota sebelumnya, belum ada yang melakukannya. Jadi Kota Padang adalah satu-satunya tuan rumah Rakernas APEKSI yang membuat Tugu APEKSI. Ini menjadi momen penting tentunya dalam sejarah Rakernas APEKSI.

“Selain diresmikan waktu perhelatan Rakernas, Tugu APEKSI ini juga akan digunakan sebagai alun-alun kota. Bisa sebagai tempat bersantai bagi warga atau wisatawan yang berkunjung ke Padang, semoga menjadi ikon wisata baru bagi Kota Padang,” tambah Wako.

Selanjutnya Wako Padang itu juga mengatakan, sejatinya banyak hal yang mesti disiapkan Kota Padang untuk menjadi tuan rumah yang sukses pada event berskala nasional tersebut.

“Alhamdulillah, kita terus melakukan persiapan untuk menjadi tuan rumah Rakernas APEKSI yang sukses. Mulai dari berkonsolidasi dengan pihak internal dan eksternal, serta berkoordinasi dengan pihak APEKSI Pusat. Begitu juga yang tak kalah penting yaitu menyiapkan warga untuk berkontribusi aktif dalam menyambut tetamu yang datang ke Kota Padang nantinya,” ungkap dia.

Hendri pun turut menyampaikan keinginannya untuk dapat menyajikan hal yang berbeda dan memiliki kekhasan tersendiri dibandingkan pelaksanaan Rakernas APEKSI di beberapa kota sebelumnya.

“Di samping menjadi penyelenggara Rakernas APEKSI yang baik dan sukses, kita juga akan berikan pelayanan kepada tamu-tamu untuk mencicipi keunggulan-keunggulan yang ada di Kota Padang nantinya. Baik itu dari sisi kuliner, pariwisata, serta hal penting dan menarik lainnya. Insya Allah kita juga akan menggelar gowes (bersepeda bareng) dan Pawai Budaya Nusantara serta acara menarik lainnya yang diikuti peserta Rakernas terdiri dari 97 Wali Kota se-Indonesia beserta rombongan, ” ujarnya menambahkan.

Lebih jauh Wali Kota milenial itu pun juga berharap melalui pelaksanaan Rakernas APEKSI di Kota Padang ikut membangun dan membangkitkan ekonomi kerakyatan di Padang yang cukup lama ‘down’ akibat pandemi Covid-19.

“Melalui Rakernas APEKSI XV di Kota Padang semoga bisa memberi berkah dan kebangkitan ekonomi kerakyatan bagi warga Kota Padang,” imbuhnya terlihat bersemangat.

Terakhir orang nomor satu di Kota Padang itu membeberkan, dalam rapat persiapan kali ini pihaknya tengah membahas semua hal yang terkait dari penyelenggaraan Rakernas APEKSI. Mulai dari kegiatan penyambutan tamu, hingga tempat penginapannya dan sarana-prasarana terkait lainnya.

“Jadi pada hari ini kita membahas semua hal terkait penyelenggaraan Rakernas APEKSI. Mulai dari penentuan kegiatan yang akan dilakukan, lokasi dan ‘rundown’ kegiatan serta kegiatan penunjang lainnya,” pungkas Wali Kota muda tersebut.

Seperti diketahui bahwa Rakernas XV APEKSI 2022 yang akan dilaksanakan pada 7-10 Agustus 2022 mendatang tersebut merupakan kegiatan besar tahunan yang dihadiri seluruh anggotanya untuk membahas isu-isu penting dan strategis.

Rakernas merupakan etalase kota-kota Indonesia yang akan menampilkan pembangunan, inovasi dan produk-produk unggulannya serta adanya gebyar UMKM, Kuliner dan Pentas Seni serta kegiatan-kegiatan menarik lainnya.

Kegiatan semarak di Agustus nanti, antara lain: Pawai Budaya Nusantara, Ladies Program, City Tour dan kegiatan khsusus di Padang, seperti: Peresmian Tugu APEKSI, Penanaman Pohon di kebun APEKSI, Merandang (pembuatan rendang oleh para Walikota) dan lainnya. (Dv).

LEAVE A REPLY