Home BERITA TERBARU Pemkab Dharmasraya Langsungkan Shalat Idul Fitri Berikut Jadwal Dan Lokasinya

Pemkab Dharmasraya Langsungkan Shalat Idul Fitri Berikut Jadwal Dan Lokasinya

38
0
SHARE

​​​​​​​Dharmasraya, TS – Shalat Idul Fitri 1443 Hijriah di Kabupaten Dharmasraya akan dipusatkan di halaman Kantor bupati setempat dengan kapasitas mencapi ribuan orang.

Pelaksanaan tersebut merujuk Sesuai Surat Edaran Kemenag RI Nomor 8 Tahun 2022, dimana Shalat Idul Fitri dapat dilaksanakan di masjid atau di lapangan terbuka dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Untuk jadwal shalat menunggu hasil penetapan oleh Kemenag RI. Namun demikian, untuk sementara Pemkab Dharmasraya tetap berasumsi dilaksanakan Senin (2/5/2022). Kalau ada terjadi perubahan jadwal, akan disesuaikan kemudian.

Pemkab Dharmasraya juga menyiapkan Masjid Agung Babussalam Pulau Punjung sebagai antisipasi apabila halaman kantor bupati tidak dapat digunakan kerena suatu hal lainnya.

“Misalnya, jika nanti cuaca tidak memungkinkan dan hujan turun, Shalat Idul Fitri akan dipindahkan ke masjid terdekat, sebagai alternatif mungkin ke Masjid Babussalam. Namun, hal ini masih kondisional. Kita tetap berharap cuaca bersahabat dan tidak ada kendala lainnya,” kata Kepala Bagian Sekretariat Daerah Dharmasraya, Sarbaini Chan, Sabtu (30/4/2022).

Bertindak sebagai khatib Shalat Idul Fitri atas nama Dr Jhon Afrizal One MA dari Kanwil Sumbar. Sedangkan Imam Shalat Idul Fitri Dolizal Putra MAg. Dolizal juga merupakan Imam Masjid Agung Dharmasraya.

“Sebagai iman dan khatib cadangan memang belum ditentukan, namun jika yang bersangkutan di atas berhalangan hadir mungkin nanti diganti dengan Kepala Kemenag Dharmasraya atau mantan kepala kemenag, Ketua MUI juga bisa,” katanya.

Direncakan saat pelaksanaan Shalat Id akan hadir Bupati Sutan Riska Tuanku Keraja, Kapolres Dharmasraya AKBP Nurhadiansyah, Dandim Letkol Inf Endik Hendra Sandi, Kajari, Sekda Dharmasraya Adlisman, staf ahli, para asisten, kepala OPD, camat, dan tokoh masyarakat.

Segela sesuatunya juga akan disiapkan seperti pembersihan halaman kantor bupati hingga pemotongan rumput. Sehingga pada saat hari H tinggal pemasangan mimbar dan tikar.

“Perlengkapan seperti mimbar hingga pengeras suara bakal dipasang dalam waktu dekat, sedangkan untuk pemasangan tikar bakal dilakukan sebelum pelaksanaan shalat,” tambah dia (*)

LEAVE A REPLY