Home BERITA TERBARU Kesuksesan Kota Padang Penyelenggara Rakernas APEKSI XV Dipuji Mendagri Tito Karnavian

Kesuksesan Kota Padang Penyelenggara Rakernas APEKSI XV Dipuji Mendagri Tito Karnavian

34
0
SHARE

Padang, TARGET SUMBAR – Event Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XV di Kota Padang, resmi berakhir dan ditutup secara resmi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian’

Pada Rakernas Apeksi XVI di tahun 2023 adalah Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan yang berhasil terpilih sebagai tuan rumah berikutnya.

Mendagri Tito Karnavian menyampaikan apresiasi kepadaWali Kota se-Indonesia yang telah mengikuti Rakernas XV di Kota Padang. Ucapan terima kasih turut ia hadiahkan kepada Kota Padang yang mampu menjadi tuan rumah yang baik dan sukses.

Dengan Apeksi, Mendagri berpesan kepada para anggota APEKSI untuk segera melakukan perubahan dan kemajuan di kota mereka masing-masing.

“Tujuannya adalah agar kota-kota di Indonesia tidak ada yang tertinggal, tapi harus lebih maju dan terus berkembang,” harapnya.

Menteri Dalam Negeri meminta para Wali Kota untuk mampu membawa pemerintahan kota yang dipimpinnya mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman saat ini.

Sementara itu, Ketua Dewan Pengurus APEKSI Bima Arya mengucapkan selamat bagi Kota Padang yang telah sukses menjadi tuan rumah Rakernas APEKSI XV.

“Selain menggelar Rakernas, Alhamdulillah cukup banyak kegiatan penting dan menarik yang dihelat selama event ini berlangsung. Semoga ini menjadi sejarah khususnya bagi Kota Padang,” sebut Bima Arya yang juga Wali Kota Bogor.

“Alhamdulillah, ini semua berkat kerjasama dan kerja keras dari semua pihak. Baik dari jajaran Pemerintah Kota (Pemko) Padang, dukungan unsur Forkopimda dan khususnya masyarakat Kota Padang,” cetusnya.

Wako Hendri Septa berharap dengan melalui event Rakernas APEKSI, mampu meningkatkan geliat ekonomi di kota yang ia pimpin.

Alhamdulillah para Wali Kota dan rombongan mencapai 5.000 lebih yang datang ke Kota Padang. Kehadiran mereka ikut membantu menggeliatkan semua sektor di Kota Padang. Baik sektor perhotelan, penerbangan, restoran serta pariwisata, UMKM masyarakat dan lainnya.

“Hal ini tentu menghadirkan perputaran uang yang cukup banyak dengan diperkirakan mencapai Rp40 milyar lebih selama APEKSI berlangsung,” pungkas orang nomor satu di Kota Padang itu menyampaikan.

Selain itu, juga ada Indonesia City Expo (ICE) ke-18, penanaman pohon durian, peresmian Tugu APEKSI (satu-satunya di Indonesia), bersih-bersih Pantai Padang hingga Lomba Marandang dan Membuah Teh Talua (Teh Telur). Kemudian juga ada seminar nasional hingga Pawai Budaya Nusantara.

Di kesempatan tersebut, juga hadir Anggota Komisi II DPR RI dapil Sumbar II Guspardi Gaus, Gubernur Sumbar Mahyeldi serta unsur Forkopimda Sumbar dan Padang serta stakeholder lainnya.

Sebelumnya Wako Padang sampaikan, selama kegiatan saja, 5 – 10 Agustus 2022, perkiraan perputaran uang mencapai Rp24,146 Miliar. Dasar perhitungannya, kata Hendri Septa, beredar melalui sewa hotel, sewa kendaraan, parkir, pameran di ice, pusat penjualan oleh-oleh, konsumsi, obyek  wisata, berdagangan barang dan jasa lainnya. Peredaran terbesar terjadi pada 7 dan 8 Agustus 2022, dimana masing-masingnya di atas Rp 6 Miliar.

Uang tersebut didasarkan pada kehadiran 5.064 orang yang hadir, lalu dari pesanan kamar hotel, rata-rata 2.500 kamar perhari, ada 500-an kendaraan yang dirental peserta, pameran di ice, pusat penjualan oleh-oleh, konsumsi, obyek  wisata, berdagangan barang dan jasa lainnya.

Selain itu, biaya yang dikeluarkan pemerintah untuk persiapan dan pelaksanaan Rakernas ke-XV Apeksi mencapai Rp15 M, ditambah bantuan pihak swasta sekitar Rp 1 M. Sehingga total peredaran uang, termasuk biaya yang dikeluarkan pemerintah terkait pelaksanaan Rakernas ke-XV Apeksi adalah Rp 40,146 Miliar.

Kehadiran event ini sangat penting bagi warga kota, setelah dua tahun berada dalam kondisi terpuruk akibat Pandemi Covid-19. Dimana lomba Membuat Teh Talua (teh telur) menambah kemeriahan dalam rangkaian perhelatan. Bahkan kegiatan tersebut berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) yang ditujukan kepada Pemerintah Kota Padang atas rekor “Lomba Membuat Teh Talua oleh Wali Kota Terbanyak”.

Semoga ini menjadi momentum untuk kebangkitan. Sejalan pula dengan semangat peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat.

Dalam Penutupan Rakernas XV Apeksi tersebut, Mendagri Tito Karnavian senang Apeksi membawa keberkahan kepada kota Padang. Ini perlu kita berikan apresiasi kepada Wali Kota Padang sebagai tuan rumah dan panitia pelaksana Apeksi. (**/RED).

LEAVE A REPLY